Akankah Kita Menyia-nyiakan Waktu (Lagi) ?

Waktu adalah ukuran untuk bisnis,
seperti halnya uang ukuran untuk barang

Kutipan itu tertulis pada kalender di salah satu ruang asrama. Pikiran pendek saya langsung mengiyakan ketika membaca tulisan itu. Sepertinya pikiran saya tertaut pada salah satu buku yang pernah saya baca. Buku itu ditulis oleh salah satu pebisnis pribumi yang sukses di bidang energi.

Sekarang, coba kita lakukan perhitungan sederhana jika waktu dikonversi menjadi uang.

Biaya kuliah salah satu kampus favorit di negeri ini Rp. 5 juta/semester. Dibagi 6 bulan, lalu 30 hari, lalu 24 jam = Rp.1200/jam. Artinya setiap 1 jam, kita mengeluarkan Rp.1200.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Akankah kita menyia-nyiakan waktu?

Ada 6 juta anak-anak mati kelaparan setiap tahun. Dibagi 12 bulan, lalu 30 hari, lalu 24 jam, lalu 60 menit = 11/menit. Artinya setiap 1 menit ada 11 jiwa anak yang meninggal karena kelaparan.

hunger-people

Akankah kita menyia-nyiakan waktu?

Harga sewa oil rig adalah US$ 1,300,000 per sumur per hari. Dibagi 24 jam, lalu 60 menit, lalu 60 detik = US$ 15/detik. Artinya setiap menyewa 1 detik, ongkos yg harus dibayar adalah US$15 atau sekitar Rp130,000.

oil rig technorati.com

Akankah kita menyia-nyiakan waktu?

Produksi minyak di Indonesia 920.000 barrel per hari (bph). Dibagi 24 jam, lalu 60 menit, lalu 60 detik = 10 barrel per detik. Artinya, minyak di Indonesia terkuras 10 barrel atau sekitar 1600 liter/detik, dan tentunya keuntungannya sebagian besar didapat pihak asing.indonesia_oil_drum_z

Akankah kita menyia-nyiakan waktu?

Pemerintah menganggarkan belanja negara dalam APBN 2013 sebesar Rp 1,726.2 triliun. Dibagi 12 bulan, lalu 30 hari, lalu 24 jam = Rp200juta/jam. Artinya, setiap 1 detik Pemerintah akan membelanjakan uang negara sebesar Rp200juta. Terlepas dari uang tersebut dipergunakan untuk apa.

apbn-130617b

Akankah kita menyia-nyiakan waktu?

Jumlah korban tewas akibat konflik di Suriah dari dua tahun yang lalu hingga Juni 2013 sebanyak 100ribu jiwa. Dibagi 2 tahun, lalu 356 hari, lalu, 24 jam = 6jiwa/jam. Artinya, setiap jam ada 6 warga Suriah yang meninggal karena kebiadaban rezim Bashar Assad.

Konflik-Suriah

Mari kita lihat ayat-ayat dalam surat cinta yang Allah berikan untuk kita. Ini adalah arti beserta tafsir Ibnu Abbas dari surat Al-Ashr.

1. Demi masa!

Wal ‘ashr (demi masa), yakni Allah Ta‘ala Bersumpah dengan cengkraman masa, yaitu kesulitan-kesulitan. Menurut yang lain, Allah Ta‘ala Bersumpah dengan shalat Asar.

 2. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian,

Innal iηsāna (sesungguhnya manusia) yang kafir.

La fī khusr (benar-benar berada dalam kerugian), yakni benar-benar berada dalam ketertipuan dan hukuman dengan hilangnya keluarga dan tempat tinggal mereka di dalam surga. Ada yang berpendapat, benar-benar dalam kekurangan amal sesudah mereka pikun dan mati.

3.  Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran.

Illal ladzīna āmanū (kecuali orang-orang yang beriman) kepada Nabi Muhammad saw. dan al-Quran.

Wa ‘amilush shālihāti (dan mengerjakan amal saleh), yakni mengerjakan ketaatan-ketaatan antara diri mereka dengan Rabb-nya.

Wa tawāshau bil haqqi (dan nasihat-menasihati supaya menaati kebenaran), yakni saling menganjurkan agar bertauhid. Ada yang mengemukakan, saling menganjurkan kepada al-Quran.

Wa tawāshau bish shabr (dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran), yakni saling menganjurkan untuk menunaikan Ketentuan-ketentuan Allah Ta‘ala serta menjauhi kemaksiatan-kemaksiatan kepada-Nya, dan juga bersabar dalam menghadapi berbagai kesulitan dan musibah. Orang-orang yang dikecualikan ini tidak akan mengalami kerugian.

Apakah kita akan menyia-nyiakan waktu (lagi)?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s